Perabot Dapur Zaman Kuno yang Masih Relevan Kini dan Nanti

Di era globalisasi ini berjuta teknologi telah diciptakan dan dikembangkan. Beda halnya dengan para kolektor benda kuno, mereka mengoleksi benda kuno yang unik dan menarik.

Beberapa orang mengambil sikap untuk memperindah rumahnya dengan model kontemporer, karena senang dengan konsep klasik atau zaman kuno. Padahal mayoritas orang sekarang menata rumah dengan model modern, tapi para penyuka model kontemporer tetap mempertahankan eksistensi dan melestarikan selera modelnya tersebut.

tampan

Kontemporer merupakan suatu penataan yang mengilustrasikan rumah, lukisan, tari, serta budaya yang memanfaatkan model klasik. Sejak zaman kuno perabot juga sudah di buat, mulai dari perabot rumah tangga dan pertanian. Perabot zaman kuno tersebut hingga saat ini masih relevan untuk dipakai pada aktivitas sehari-hari. Beberapa perabot dapur zaman dulu masih dipakai hingga saat ini, karena nilai guna dan nilai estetisnya yang membuat orang-orang masih suka memakainya.

Ini beberapa perabotan dapur yang menarik dan unik, yang masih relevan dipakai kini dan nanti, sebagai berikut:

  1. Tampah

Masih ingat sewaktu kecil liat kerumunan ibu-ibu yang lagi bercerita sambil menampah beras. Ya itulah tampah, tampah berguna untuk menjauhkan kotoran-kotoran dari beras yang mau di masak. Teknik memakai tampah dengan cara mengayak dan mengayunkan tampah. Ketika mengayunkan tampah, harus teliti dan terampil biar pemisahan kotoran dan batu kecil maksimal. Tampah terbuat dari bambu yang dianyam rapi yang berbobot ringan.

  1. Kipas

Kipas terbuat dari bumbu yang dianyam yang berbentuk persegi. Kipas ini berfungsi untuk mengipasi bara api dan mengipasi makanan yang panas. Petani di sawah juga sering memakai kipas ini untuk menetralisir terik matahari di persawahan.

  1. Tungku Kayu

Memasak memakai kayu bisa mendapatkan rasa yang gurih dan khas. Makanan yang di masak memakai tungku kayu lebih enak, selain enak aromanya sedap. Persiapkan arang, kayu, dan minyak tanah sebagai bahan pokok buat masakan tungku kayu. Alasan tungku ini sampai sekarang masih dipakai karena lebih lezat dan cita rasa yang tinggi.

  1. Tempayan

Tempayan merupakan sebuah kendi yang berfungsi menampung air dan hiasan interior taman. Dahulunya tempayan dimanfaatkan sebagai penampung air bersih untuk di minum. Tempayan terbuat dari tanah liat yang awet dan tahan lama. Saat ini tempayan masih banyak di jual belikan di pasar tradisional.

Itulah tadi ulasan mengenai 4 perabot dapur pada zaman kuno yang masih di pakai kini dan nanti. Ulasan tersebut dapat bernostalgia pada zaman kuno, ketika semua orang memakainya dengan hikmat. Ayo pakai perabot zaman kuno yang unik dan menarik!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *